Tips Merawat Mata

Tips Merawat Mata. Perawatab Mata sangat penting dilakukan karena mata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari hari.

Memiliki mata sehat tentu akan banyak membantu dalam beraktifitas, baik dalam pererjaan maupun dalam hal lainnya, tentunya hal ini harus dijaga agar aktifitas kita tidak terganggu dengan adanya sakit mata ataau masalah mata lainnya, berikut sedikit tips bagaimana merawat mata agar selalu dalam kondisi sehat.

Tips Merawat Mata Agar Selalu Sehat

Berikut ini adalah cara merawat mata, bagi yang masih memiliki visus normal agar tetap sehat, maupun dengan gangguan visus agar tidak menjadi lebih parah.

tips merawat mata
  1. Saat membaca. Jangan membaca di tempat gelap, walaupun kita merasa bahwa melakukannya dalam keadaan terpaksa. Sedapat mungkin carilah cahaya yang lebih terang. Dalam keadaan gelap, mata akan berakomodasi sempurna, sehingga jika terlalu sering melakukan itu, maka berpotensi menjadi kerabunan.
  2. Saat menonton. Jangan menatap layar komputer atau televisi secara terus menerus. Sebaiknya, tiap dua jam sekali mata dibiarkan istirahat. Caranya cukup dengan memejamkan mata selama 5-10 menit.
  3. Memindahkan fokus pandangan pada benda-benda jauh. Cara ini dilakukan jika kita menatap benda dari jarak dekat, misalnya komputer, reparasi jam, televisi, membaca buku, dan sebagainya. Karena itu Anda bisa layangkan pandangan Anda keluar jendela, misalnya, agar memberi kesempatan lensa mata untuk berelaksasi. Bisa juga sambil berjalan ke teras, keluar ruangan, sambil menggerak-gerakkan anggota badan yang terasa kaku seperti leher dan pinggang.
  4. Cara yang sering saya gunakan adalah memijat-mijat sekitar kening dan alis dari medial ke lateral. Lalu, memijat lembut bola mata dengan bagian tebal dari telapak tangan. Bagi mereka yang menggunakan lensa kontak, harus dilepaskan dulu sebelum melakukan cara ini.
  5. Menggunakan Eye Massager. Alat ini banyak ragamnya. Tujuannya lebih kurang sama yaitu untuk mengatasi kelelahan mata dengan cara memberikan pijatan ringan pada otot-otot di sekitar mata.
  6. Kompres mata. Alat ini juga mudah ditemukan di pasaran. Dengan memberikan efek dingin pada sekitar mata, maka akan memberikan efek rileks pada mata. Dan pada gilirannya, mata pun akan menjadi lebih sehat. Cara ini juga digunakan untuk menghilangkan kantung mata, akibat kurang tidur, mata terlalu lelah, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan terlalu dingin.
  7. Kompres mata dengan irisan timun atau kentang selama 10 menit dengan frekuensi setiap hari, atau 3 kali seminggu, atau seminggu sekali. Berguna untuk mengatasi mata yang lelah dan mengurangi kantung hitam di mata.
  8. Hindari mengucek mata dengan tangan secara langsung. Gunakan tissue atau lebih baik menggunakan tetes mata yang steril. Sudah banyak obat tetes mata steril yang dijual. Biasanya optik-optik menjual tetes mata sebagai pengganti air mata buatan. Di apotik biasanya dijual tetes mata yang mengandung antibiotik dan beberapa mengandung kortikosteroid. Sebaiknya, cari langsung di optik.
  9. Lindungi mata dari paparan cahaya matahari secara langsung. Gunakan kacamata hitam. Paparan cahaya matahari akan mempercepat proses degeneratif sel-sel mata.
  10. Konsumsi buah dan sayuran. Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata, di samping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh.
    Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.

Merawat mata dalam segi kesehatan tidak jauh berbeda dengan merawat mata dalam segi kecantikan, karena bagaimanapun kecantikan itu bersumber dari kesehatan. Maka, mata yang cantik adalah mata yang sehat. Jadi rawatlah benar-benar mata Anda.

Simak Juga: Tips Merawat Rambut ,Tips Merawat Alis Mata

Demikian Tips Merawat Mata untuk perawatan mata anda agar selalu sehat dan segar.

Ditulis Oleh: Bli Wahyu

1 komentar: